MACAM-MACAM METODE PEMBELAJARAN
Ketepatan penggunaan metode mengajar sangat tergantung kepada tujuan,
isi dalam proses belajar mengajar, ditinjau dari segi penerapannya,
metode-metode ada yang tepat digunakan untuk siswa dalam jumlah besar dan ada
yang tepat untuk jumlah siswa kecil. Ada juga yng tepat digunakan dalam kelas
atau diluar kelas, berikut ini adalah beberapa metode mengajar yang akan
dibahas secara singkat sebagai berikut:
1. Metode Ceramah
metode ceramah di yakini sebagai metode mengajar yang paling
tua di dunia yang sudah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu, hal ini adanya
kecenderungan menganggap metode ceramah sebagi metode mengajar yang mudah
digunakan.
A. Pengertian Metode Ceramah
metode ceramah tergantung kepada kualitas personalitas guru, yakni
(suara, gaya bahasa, sikap, prosedur, kelancaran, kemudian bahasa dan
keteraturan guru dalam memberikan penjelasan yang tidak dapat dimiliki secara
mudah.
Metode ceramah adalah suatu cara mengajar atau penyajian materi
melalui penuturan dan penerapan lisan oleh guru kepada siswa agar siswa efektif
dalam proses belajar mengajar yang menggunakan metode ceramah, maka siswa perlu
dilatih mengembangkan keterampilan berfikir untuk memahami satu proses dengan
cara mengajikan pertanyaan, memberikan tanggapan dan mencatat oebakarab secara
sistematis. (Hafni Lajid 2005:121)
berdasarkan definasi diatas maka dapat disimpulkan bahwa metode
ceramah adalah sebagai sebuah bentuk interaksi belajar mengajar yang dilakukan
melalui penjelasan dan penuturan secara lisan oleh guru.
B. Kelebihan dan Kekurang Metode Ceramah
·
Kelebihan Metode Ceramah
1.
dalam waktu relatif singkat dapat disampaikan
bahan sebanyak-banyaknya
2.
organisasi kelas lebih sederhana, tidak perlu
mengadakan pengelompokan murid-murid seperti pada metode yang lain
3.
guru dapat menguasai kelas dengan mudah,
walaupun jumlah murid banyak
4.
apabila penceramah berhasi baik, dapat
menimbulkan semangat kreasi yang konstruktif, yang merangsang murid-murid
melaksanakan suatu tugas.
·
Kekurangan Metode Ceramah
1.
guru sukar untuk mengetahui pemahaman peserta
didik terhadap bahan-bahan yang diberikan
2.
kadang-kadang guru sangat mengejar
disampaikannya bahan yang sebanyak-banyaknya, sehingga hanya bersifat pemompaan
3.
pendengar cenderung menjadi pasif dan ada
kemungkinan kurang tepat untuk mengambil kesimpulan, sebab guru menyampaikan
secara lisan
4.
apabila seorang guru tidak memperhatikan
segi-segi psyichologies dan didaktis peserta didik, cerah dapat bersifat
melantur-lantur dan membosankan
C. langkah-langkah Metode Ceramah
1.
Tahap Pengembangan Ceramah
faktor-faktor yang hendaknya menjadi perhatian guru
pada tahap ini adalah:
· keterangan secara singkat dan jelas, menerangkan
suatu masalah dengan kata-kata yang sederhana.
· pergunakan papan tulis, sebagai upaya visualisai
pokok-pokok permasalahan yang akan disampaikan
· keterangan ulang dengan menggunakan istilah atau
kata-kata lain yang lebih jelas
·
perincian dan perluasan materi pembelajaran
· carilah feedback atau interaksi
sebanyak-banyaknya dengan peserta didik
2.
Tahap Akhir Ceramah
tahap akhir atau tahap kesimpulan merupakan kegiatan
terakhir dai guru dalam pemakian metode ceramah, tapan yang dilakukan pada
kegiatan ini adalah:
· pembuatan rangkuman atau tahap kesimpulan dari
garis-garis besar isi pelajaran yang disampaikan
· penjelasan hubungan isi pelajaran dengan isi
pelajaran berikutnya
0 komentar:
Posting Komentar