Jumat, 09 November 2018

Modem Pembelajaran Ceramah


MACAM-MACAM METODE PEMBELAJARAN


Ketepatan penggunaan metode mengajar sangat tergantung kepada tujuan, isi dalam proses belajar mengajar, ditinjau dari segi penerapannya, metode-metode ada yang tepat digunakan untuk siswa dalam jumlah besar dan ada yang tepat untuk jumlah siswa kecil. Ada juga yng tepat digunakan dalam kelas atau diluar kelas, berikut ini adalah beberapa metode mengajar yang akan dibahas secara singkat sebagai berikut:

1.    Metode Ceramah

metode ceramah di yakini sebagai metode mengajar yang paling tua di dunia yang sudah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu, hal ini adanya kecenderungan menganggap metode ceramah sebagi metode mengajar yang mudah digunakan.

A.   Pengertian Metode Ceramah

metode ceramah tergantung kepada kualitas personalitas guru, yakni (suara, gaya bahasa, sikap, prosedur, kelancaran, kemudian bahasa dan keteraturan guru dalam memberikan penjelasan yang tidak dapat dimiliki secara mudah.
Metode ceramah adalah suatu cara mengajar atau penyajian materi melalui penuturan dan penerapan lisan oleh guru kepada siswa agar siswa efektif dalam proses belajar mengajar yang menggunakan metode ceramah, maka siswa perlu dilatih mengembangkan keterampilan berfikir untuk memahami satu proses dengan cara mengajikan pertanyaan, memberikan tanggapan dan mencatat oebakarab secara sistematis. (Hafni Lajid 2005:121)
berdasarkan definasi diatas maka dapat disimpulkan bahwa metode ceramah adalah sebagai sebuah bentuk interaksi belajar mengajar yang dilakukan melalui penjelasan dan penuturan secara lisan oleh guru.

B.   Kelebihan dan Kekurang Metode Ceramah

·      Kelebihan Metode Ceramah
1.      dalam waktu relatif singkat dapat disampaikan bahan sebanyak-banyaknya
2.      organisasi kelas lebih sederhana, tidak perlu mengadakan pengelompokan murid-murid seperti pada metode yang lain
3.      guru dapat menguasai kelas dengan mudah, walaupun jumlah murid banyak
4.      apabila penceramah berhasi baik, dapat menimbulkan semangat kreasi yang konstruktif, yang merangsang murid-murid melaksanakan suatu tugas.
·      Kekurangan Metode Ceramah
1.      guru sukar untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap bahan-bahan yang diberikan
2.      kadang-kadang guru sangat mengejar disampaikannya bahan yang sebanyak-banyaknya, sehingga hanya bersifat pemompaan
3.      pendengar cenderung menjadi pasif dan ada kemungkinan kurang tepat untuk mengambil kesimpulan, sebab guru menyampaikan secara lisan
4.      apabila seorang guru tidak memperhatikan segi-segi psyichologies dan didaktis peserta didik, cerah dapat bersifat melantur-lantur dan membosankan

C.   langkah-langkah Metode Ceramah

1.      Tahap Pengembangan Ceramah
           faktor-faktor yang hendaknya menjadi perhatian guru pada tahap ini adalah:
·   keterangan secara singkat dan jelas, menerangkan suatu masalah dengan kata-kata yang sederhana.
·  pergunakan papan tulis, sebagai upaya visualisai pokok-pokok permasalahan yang akan disampaikan
·     keterangan ulang dengan menggunakan istilah atau kata-kata lain yang lebih jelas
·         perincian dan perluasan materi pembelajaran
·   carilah feedback atau interaksi sebanyak-banyaknya dengan peserta didik
2.      Tahap Akhir Ceramah
tahap akhir atau tahap kesimpulan merupakan kegiatan terakhir dai guru dalam pemakian metode ceramah, tapan yang dilakukan pada kegiatan ini adalah:
·      pembuatan rangkuman atau tahap kesimpulan dari garis-garis besar isi pelajaran yang disampaikan
·        penjelasan hubungan isi pelajaran dengan isi pelajaran berikutnya


0 komentar:

Posting Komentar