, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Evaluasi Keputusan Pembelian Jasa Akomodasi Perhotelan Di Hotel Sahid Kusuma Raya Solo
ABSTRACT
Penelitian yang berjudul Analisis faktor-faktor
yang mempengaruhi konsumen dalam evaluasi keputusan pembelian jasa akomodasi
perhotelan di Hotel Sahid Kusuma Raya Solo ini bertujuan untuk menguji apakah
variabel product, price, place, promotion, customer service, people dan process
secara sendiri – sendiri dan bersama – sama mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap evaluasi keputusan pembelian jasa akomodasi perhotelan. Perumusan
masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah : apakah variable product,
price, place, promotion, customer service, people dan process secara sendiri –
sendiri dan secara bersama – sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap
evaluasi keputusan pembelian jasa akomodasi perhotelan? Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode convenience
sampling, dimana sampel yang diambil adalah siapa saja yang kebetulan ditemui
dan dipandang cocok sebagai sumber data. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang
dengan pertimbangan jumlah tamu yang ada dan sifat populasi tamu Hotel Sahid
kusuma Raya yang tidak terlalu heterogen. Hipotesis dalam penelitian ini adalah
“variable product, price, place, promotion, customer service, people dan
process secara sendiri – sendiri dan secara bersama – sama mempunyai pengaruh
yang positif dan signifikan terhadap evaluasi keputusan pembelian jasa
akomodasi perhotelan di Hotel Sahid Kusuma Raya Solo”. Untuk mengetahui apa
yang menjadi perumusan masalah di atas, dan untuk mencapai tujuan penelitian ,
maka data yang sudah diperoleh kemudian diolah dengan SPSS. Dari analisis yang
dilakukan dapat diketahui persamaan regresi linier berganda sebagai berikut : Y
= -5,514 + 0,07270 X1 + 0,09088 X2 + 0,08348 X3 + 0,08924X4 + 0,09126X5 +
0,06872X6 + 0,127X7 dengan nilai uji t dari variabel product (X1) = 2,297 ;
price (X2) = 3,065 ; place (X3) = 2,929 ; promotion (X4) = 2,917 ; customer
service (X5) =3,802 , people (X6) = 2,048 ; dan process (X7) = 2,513 serta uji
F adalah sebesar 30,874. Dari perhitungan diatas diketahui bahwa variable
product, price, place, promotion, customer service, people dan process
mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap evaluasi keputusan
pembelian jasa akomodasi perhotelan karena nilai t hitung > dari t tabel
(1,98). Dan dari nilai t hitung tersebut variabel pelayanan mempunyai nilai
yang paling besar hal ini menunjukkan bahwa pelayanan mempunyai pengaruh
dominan diantara variabel – variabel independen yang lain terhadap evaluasi
keputusan pembelian jasa akomodasi perhotelan. Dari nilai uji F menunjukkan
bahwa variable product, price, place, promotion, customer service, people dan
process secara bersama – sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap
evaluasi keputusan pembelian jasa akomodasi. Karena F hitung > F tabel
(2,09). Dan dari perhitungan R2 diketahui bahwa R2 ( Adjusted R Squared )
sebesar 0,679 ini berarti bahwa besarnya sumbangan / kontribusi perubahan pada
evaluasi keputusan pembelian jasa akomodasi perhotelan yang betul – betul
disebabkan oleh perubahan variable product, price, place, promotion, customer
service, people dan process adalah sebesar 67,9 % dan sisanya 32,1% adalah
disebabkan oleh variabel lain diluar model. Kesimpulan yang dapat diambil dari
analisis menyatakan bahwa semua hipotesis yang menyatakan variable product, price,
place, promotion, customer service, people dan process secara sendiri – sendiri
dan secara bersama – sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap evaluasi
keputusan pembelian jasa akomodasi perhotelan terbukti kebenarannya. Pada
bagian akhir penulisan ini, penulis memberikan saran antara lain agar pihak
hotel harus memperhatikan variabel pelayanan yang meliputi kebersihan,
ketenangan, kenyamanan, kemanan, keindahan interior dan eksterior serta
meningkatkan pelayanan dalam hal antar jemput konsumen. Disamping variabel lain
yaitu tarif, lokasi, promosi, proses, fasilitas dan people juga perlu
diperhatikan.
0 komentar:
Posting Komentar