BAB II
A.
Kajian
Teoretik
1.
Hasil Belajar
a. Pengertian
Hasil Belajar
Hasil
belajar adalah pola-pola perbuatan ,nilai-nilai, pengertian-pengertian,
sikap-sikap, apresiasi dan keterampilan. Menurut Sukmadinata, Nana Syaodih
(2005:102) hasil belajar atau achievment
merupakan realisasi atau pemekaran dari kecakapan-kecakapan potensial atau
kapasitas yang dimiliki seseorang.Penguasaan hasil belajar oleh seseorang dapat
dilihat dari perilakunya, baik perilaku dalam bentuk pengetahuan, keterampilan
berfikir, maupun keterampilan motorik.
Hasil
belajar yang dicapai siswa melalui proses belajar mengajar yang optimal
cenderung menunjukan hasil yang berciri sebagai berikut:
1)
Kepuasan
dan kebanggaan yang dapat menumbuhkan motivasi pada diri siswa.
2)
Menambah keyakinan akan kemampuan dirinya.
3)
Hasil
belajar yang dicapai bermakna bagi dirinya seperti akan tahan lama
diingatannya, membentuk perilakunya, bemanfaat untuk mempelajari aspek lain,
dapat digunakan sebagai alat untuk memperoleh informasi dan
pengetahuan yang lainya.
4)
Kemampuan
siswa untuk mengontrol atau menilai dan mengendalikan dirinya terutama dalam
menilai hasil yang dicapainya maupun menilai dan mengendalikan proses dan usaha
belajarnya.
Hasil
belajar merupakan kemampuan yang diperoleh individu setelah proses belajar
berlangsung, yang dapat memberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan,
pemahaman, sikap dan keterampilan sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Adapun Dimyati dan Mudjiono (2006:3)
menjelaskan bahwa hasil belajar adalah hasil dari suatu interaksi tindak
belajar dan tindak mengajar. Dari sisi guru, tindakan mengajar diakhiri dengan
proses evaluasi hasil belajar, dari sisi siswa hasil belajar merupakan puncak
belajar. Dalam kegiatan ini interaksi antara guru dan murid terjadi selama
kegiatan belajar mengajar berlangsung.Ketika siswa melaksanakan kegiatan
belajar, guru akan membimbing dan sekaligus sebagai fasilitator yang membantu
siswa dalam kegiatan belajar, dalam kegiatan belajar ini guru bisa mengetahui
kemampuan siswa dan mampu mengukurnya serta menerapkan metode atau model
pembelajaran yang mampu mengembangkan hasilbelajar siswa.
Adapun Sudjana,
Nana (2010:22) mengungkapkan hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang
dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Sedangkan Horward
Kingsley dalam Sudjana, Nana (2010:22) membagi tiga macam hasil belajar, yakni:
1) Keterampilan dan Kebiasaan
2) Pengetahuan dan Pengertian
3) Sikap dan Cita-cita
Masing-masing
jenis hasil belajar dapat diisi dengan bahan yang telah ditetapkan dalam
kurikulum. Sebagaimana dikemukakan
oleh Suprijono, Agus (2010:7) bahwa hasil belajar adalah perubahan perilaku
secara keseluruhan bukan hanya satu aspek potensi kemanusian saja. Lain halnya
dengan Anitah, Sri (2009:2.19) menyatakan bahwa hasil belajar merupakan
kulminasi dari suatu proses yang telah dilakukan dalam belajar. Jadi menurut Anitah,
Sri (2009:2.19) bahwa hasil belajar itu perolehan yang dilakukan seseorang
setelah melakukan proses belajar.
0 komentar:
Posting Komentar