Minggu, 04 November 2018

Definisi Hasil Belajar Menurut Para Ahli

BAB II


A.     Kajian Teoretik
1.    Hasil Belajar
a.  Pengertian Hasil Belajar
Hasil belajar adalah pola-pola perbuatan ,nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampilan. Menurut Sukmadinata, Nana Syaodih (2005:102) hasil belajar atau achievment merupakan realisasi atau pemekaran dari kecakapan-kecakapan potensial atau kapasitas yang dimiliki seseorang.Penguasaan hasil belajar oleh seseorang dapat dilihat dari perilakunya, baik perilaku dalam bentuk pengetahuan, keterampilan berfikir, maupun keterampilan motorik.
Hasil belajar yang dicapai siswa melalui proses belajar mengajar yang optimal cenderung menunjukan hasil yang berciri sebagai berikut:
1)    Kepuasan dan kebanggaan yang dapat menumbuhkan motivasi pada diri siswa.
2)    Menambah  keyakinan  akan  kemampuan  dirinya.
3)    Hasil belajar yang dicapai bermakna bagi dirinya seperti akan tahan lama diingatannya, membentuk perilakunya, bemanfaat untuk mempelajari aspek lain, dapat digunakan sebagai alat untuk memperoleh informasi dan pengetahuan yang  lainya.
4)    Kemampuan siswa untuk mengontrol atau menilai dan mengendalikan dirinya terutama dalam menilai hasil yang dicapainya maupun menilai dan mengendalikan proses dan usaha belajarnya.
Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh individu setelah proses belajar berlangsung, yang dapat memberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan, pemahaman, sikap dan keterampilan sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Adapun Dimyati dan Mudjiono (2006:3) menjelaskan bahwa hasil belajar adalah hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar. Dari sisi guru, tindakan mengajar diakhiri dengan proses evaluasi hasil belajar, dari sisi siswa hasil belajar merupakan puncak belajar. Dalam kegiatan ini interaksi antara guru dan murid terjadi selama kegiatan belajar mengajar berlangsung.Ketika siswa melaksanakan kegiatan belajar, guru akan membimbing dan sekaligus sebagai fasilitator yang membantu siswa dalam kegiatan belajar, dalam kegiatan belajar ini guru bisa mengetahui kemampuan siswa dan mampu mengukurnya serta menerapkan metode atau model pembelajaran yang mampu mengembangkan hasilbelajar siswa.
Adapun Sudjana, Nana (2010:22) mengungkapkan hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Sedangkan Horward Kingsley dalam Sudjana, Nana (2010:22) membagi tiga macam hasil belajar, yakni:
1)    Keterampilan dan Kebiasaan
2)    Pengetahuan dan Pengertian
3)    Sikap dan Cita-cita
  Masing-masing jenis hasil belajar dapat diisi dengan bahan yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Sebagaimana dikemukakan oleh Suprijono, Agus (2010:7) bahwa hasil belajar adalah perubahan perilaku secara keseluruhan bukan hanya satu aspek potensi kemanusian saja. Lain halnya dengan Anitah, Sri (2009:2.19) menyatakan bahwa hasil belajar merupakan kulminasi dari suatu proses yang telah dilakukan dalam belajar. Jadi menurut Anitah, Sri (2009:2.19) bahwa hasil belajar itu perolehan yang dilakukan seseorang setelah melakukan proses belajar.

0 komentar:

Posting Komentar