Kamis, 08 November 2018

Contoh Skripsi Seni Rupa (Pengembangan Model Pembelajaran Muatan Lokal di Sekolah Menengah Berbasis Keunggulan Budaya Seni Batik Kalsik Surakarta sebagai Upaya Pelestarian Warisan Budaya dan Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan)

ABSTRACT

Penelitian  itu  bertujuan  merumuskan  Model Pembelajaran Muatan  Lokal Berbasis Keunggulan Budaya Seni Batik  Klasik Surakarta  di Sekolah Menengah  sebagai Upaya Pelestarian Warisan Budaya dan Menumbuhkan  jiwa Kewirausahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut  direncanakan selama dua tahap. Sasaranjangka pendek yang hendak dicapai adalah penyusunan silabus dan bahan ajar mauatan lokal seni batik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui  wawancara,  metode  simak,  FGD, dan observasi. Data dianalisis menggunakan metode interaktif Hasil  penelitian tahap awal menunjukan:  pertama, belum ada kesamaan persepsi antara sekolah-sekolah di Surakarta  tentang   pelaksanaan  pembelajaran  muatan  lokal seni batik. Ada yang dimasukan dalam mata pelajaran sosial budaya, tetapi ada yang menempatkan sebagai kegiatan ekstra kurikuler;  kedua, pemahaman guru-guru  seni budaya tentang seni batik klasik tergolong baik; Ketiga, kurangnya kemampuan guru-guru    dalam   menyusun   strategi pembelajaran dan pelaksanaan proses belajar mengajar muatan lokal seni batik. Hal  ini  disebabkan  belum  adanya buku  panduan maupun silabus pelaksanaan pembelajaran muatan local seni batik. Hasil penelitian tahap  ke-2 dirumuskan  strategi  untuk Pengembangan Model Pembelajaran Muatan Lokal di Sekolah Menengah Berbasis Keunggulan Budaya Seni Batik Klasik Surakarta sebagai Pelestarian Warisan Budaya dan Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan, serta tersusunnya silabus muatan   lokal   seni   batik. Model  ini menekankan pada pentingnya   peningkatan  sumber  daya  manusia  yakni guru dalam merencanakan strategi pembelajaran maupun pelaksanaan  kegiatan  belajar  mengajar seni  batik. lmplementasi  dari Model diperlukan komitmen dan kerja sama berbagai pihak terkait (stakesholder)   pendidikan seni batik sebagai  kornponen-kornponen   utama   terbentuknya    model yakni Dikspora, sekolah/guru/MGMP,  pengrajin dan pengusaha serta dukungan dari masyarakat

0 komentar:

Posting Komentar