Senin, 12 November 2018

Belajar Membaca Evaluasi Pembelajaran

                        Evaluasi Pembelajaran

Evaluasi hasil belajar yaitu untuk mengukur keberhasilan siswa setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar, dalam pelaksanaan pembelajaran dan keberhasulan lulusan seperti yang   dijelaskan oleh Koswara (2008:81) yang menyatakan bahwa tujuan evaluasi hasil belajar yaitu untuk mengukur tingkat keberhasilan siswa, baik itu keberhasilan dalam proses maupun keberhasilan dalam lulusan (output).
Tujuan dan fungsi diadakannya evaluasi hasil belajar yaitu untuk mengetahui kesulitan siswa dalam mengikuti belajar dikelas serta menentukan naik atau tidaknya siswa setelah menyelesaikan suatu program pembelajaran tertentu seperti yang dikemukakan oleh Siregar dan Hartini (2010:145) yang menjelaskan tujuan dan fungsi evaluasi hasil belajar yaitu :
evaluasi pembelajaran
1)      Diagnostik, menentukan letak kesulitan-kesulitan dalam belajar, bisa terjadi pada keseluruhan bidang yang dipelajari oleh siswa atau pada bidang-bidang tertentu saja.
2)      Seleksi, menentukan mana calon siswa yang dapat diterima oleh sekolah tertentu dan mana yang tidak dapat diterima. Seleksi dilakukan guna menjaring siswa yang memenuhi syarat tertentu.
3)      Kenaikan kelas, menentukan naik atau lulus tidaknya siswa setelah menyelesaikan suatu program pembelajaran tertentu.
4)      Penempatan, menempatkan siswa sesuai dengan kemampuan atau potensi mereka.
 Salah satu fungsi Evaluasi hasil belajar adalah untuk bahan pertimbangan dalam rangka perbaikan kurikulum dan salah satu alat untuk mengetahui cara mengajar guru sudah tepat pada sasaran atau belum, berikut ini pendapat menurut Fathurrohman,et.al (2011:76) mengenai fungsi evaluasi hasil belajar yaitu untuk :
Untuk mengetahui tingkat kemajuan yang telah dicapai oleh siswa dalam suatu kurun waktu proses belajar tertentu.
1)   Untuk mengetahui posisi atau kedudukan seorang siswa dalam kelompok kelasnya.
2)  Sebagai bahan pertimbangan dalam rangka melakukan perbaikan proses belajar mengajar.
3)      Bahan pertimbangan bagi bimbingan individual peserta didik.
4) Membuat diagnosis mengenaik kelemahan-kelemahan dan kemampuan peserta didik.
5)      Bahan pertimbangan bagi perubahan atau perbaikan kurikulum.
6)      Mengetahui status akademis seseorang murid dalam kelompok.
7)      Mengetahui efesiensi metode mengajar yang digunakan.
8)      Memberikan laporan kepada murid dan orang tua.
9)        Sebagai alat motivasi belajar mengajar.
10)    Mengetahui efektifitas cara belajar dan mengajar, apakah yang telah dilakukan oleh guru benar-benar tepat atau tidak baik yang berkenaan dengan sikap guru maupun sikap murid.
Merupakan bahan feed back (umpan balik) bagi murid, guru dan program pengajaran. Evaluasi hasil belajar bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan yang didapat setelah melakukan kegiatan belajar mengajar, serta mengetahui keberhasilan tujuan yang telah direncanakan seperti pendapat Hakim (2009:163) yang menyatakan bahwa evaluasi belajar merupakan unsur kegiatan penting dalam proses pembelajaran, karena melalui evaluasi dapat diketahui apakah tujuan yang direncanakan atau perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar dapat tercapai atau tidak, serta mengetahui seberapa jauh keberhasilan belajar tersebut dapat tercapai. Evaluasi keberhasilan belajar yang dicapai melalui proses pembelajaran sepatutnya menjangkau berbagai segi, karena keberhasilan yang sepatutnya dicapai mencakup segi pengalaman belajar.

0 komentar:

Posting Komentar