Evaluasi Pembelajaran
Evaluasi hasil belajar
yaitu untuk mengukur keberhasilan siswa setelah mengikuti kegiatan belajar
mengajar, dalam pelaksanaan pembelajaran dan keberhasulan lulusan seperti
yang dijelaskan oleh Koswara (2008:81)
yang menyatakan bahwa tujuan evaluasi hasil belajar yaitu untuk mengukur
tingkat keberhasilan siswa, baik itu keberhasilan dalam proses maupun
keberhasilan dalam lulusan (output).
Tujuan dan
fungsi diadakannya evaluasi hasil belajar yaitu untuk mengetahui kesulitan
siswa dalam mengikuti belajar dikelas serta menentukan naik atau tidaknya siswa
setelah menyelesaikan suatu program
pembelajaran tertentu seperti yang dikemukakan oleh Siregar dan Hartini (2010:145) yang menjelaskan
tujuan dan fungsi evaluasi hasil belajar yaitu :
1) Diagnostik,
menentukan letak kesulitan-kesulitan dalam belajar, bisa terjadi pada
keseluruhan bidang yang dipelajari oleh siswa atau pada bidang-bidang tertentu
saja.
2) Seleksi,
menentukan mana calon siswa yang dapat diterima oleh sekolah tertentu dan mana
yang tidak dapat diterima. Seleksi dilakukan guna menjaring siswa yang memenuhi
syarat tertentu.
3) Kenaikan kelas,
menentukan naik atau lulus tidaknya siswa setelah menyelesaikan suatu program
pembelajaran tertentu.
4) Penempatan,
menempatkan siswa sesuai dengan kemampuan atau potensi mereka.
Salah
satu fungsi Evaluasi hasil belajar adalah untuk bahan pertimbangan dalam rangka
perbaikan kurikulum dan salah satu alat untuk mengetahui cara mengajar guru
sudah tepat pada sasaran atau belum, berikut ini pendapat menurut Fathurrohman,et.al (2011:76) mengenai fungsi evaluasi hasil belajar yaitu untuk
:
Untuk mengetahui tingkat kemajuan yang telah dicapai
oleh siswa dalam suatu kurun waktu proses belajar tertentu.
1) Untuk mengetahui posisi atau
kedudukan seorang siswa dalam kelompok kelasnya.
2) Sebagai bahan pertimbangan dalam
rangka melakukan perbaikan proses belajar mengajar.
3)
Bahan pertimbangan bagi bimbingan
individual peserta didik.
4) Membuat diagnosis mengenaik
kelemahan-kelemahan dan kemampuan peserta didik.
5)
Bahan pertimbangan bagi perubahan
atau perbaikan kurikulum.
6)
Mengetahui status akademis
seseorang murid dalam kelompok.
7)
Mengetahui efesiensi metode
mengajar yang digunakan.
8)
Memberikan laporan kepada murid
dan orang tua.
9)
Sebagai alat motivasi belajar
mengajar.
10) Mengetahui efektifitas cara
belajar dan mengajar, apakah yang telah dilakukan oleh guru benar-benar tepat
atau tidak baik yang berkenaan dengan sikap guru maupun sikap murid.
Merupakan bahan feed
back (umpan balik) bagi murid, guru dan program pengajaran. Evaluasi hasil belajar bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan yang didapat
setelah melakukan kegiatan
belajar mengajar, serta mengetahui keberhasilan tujuan yang telah direncanakan
seperti pendapat Hakim
(2009:163) yang menyatakan bahwa evaluasi belajar merupakan unsur
kegiatan penting dalam proses pembelajaran, karena melalui evaluasi dapat
diketahui apakah tujuan yang direncanakan atau perubahan tingkah laku sebagai
hasil belajar dapat tercapai atau tidak, serta mengetahui seberapa jauh
keberhasilan belajar tersebut dapat tercapai. Evaluasi keberhasilan belajar
yang dicapai melalui proses pembelajaran sepatutnya menjangkau berbagai segi,
karena keberhasilan yang sepatutnya dicapai mencakup segi pengalaman belajar.
0 komentar:
Posting Komentar