a. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil
Belajar
Sebagaimana dikemukakan oleh Munadi, Yudhi
(2010:24), Purwanto, Ngalim (1997:107), dan Nasution, Noehi (1996:4) bahwa
faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu:
1)
Faktor
Internal
a) Fakor Fisiologis
Secara umum kondisi fisiologis,
seperti kesehatan yang prima, tidak dalam keadaan lelah dan capek, tidak dalam
keadaan cacat jasmani, dan sebagainya, semuanya akan membantu dalam proses dan
hasil belajar. Di samping kondisi-kondisi fisiologis umum itu, hal yang penting
juga memperhatikan kondisi panca indera.
b) Faktor Psikologis
Faktor kedua dari faktor internal
adalah faktor psikologis. Setiap manusia atau siswa pada dasarnya memiliki
kondisi psikologis yang berbeda-beda, terutama dalam hal kadar bukan dalam hal
jenis, tentunya perbedaan-perbedaan ini akan berpengaruh pada proses dan hasil
belajarnya masing-masing. Yang termasuk kedalam faktor psikologis diantaranya
meliputi intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif dan motivasi, kognitif dan
daya nalar.
2)
Faktor
Eksternal
a) Faktor Internal
Kondisi lingkungan juga dapat
mempengaruhi hasil belajar.Lingkungan ini dapat berupa lingkungan fisik atau
alam dan dapat pula berupa lingkungan sosial.
b) Faktor Instrumental
Faktor-faktor instrumental adalah
faktor yang keberadaan dan penggunannya dirancang sesuai dengan hasil belajar
yang diharapkan.Faktor-faktor instrumental ini dapat berupa kurikulum, sarana
dan fasilitas, dan guru.
Lain halnya
dengan Saminanto (2010:101) menyatakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi
hasil belajar meliputi:
1)
Faktor-faktor
stimulus belajar, misalnya panjangnya bahan pelajaran; kesulitan bahan
pelajaran; berartinya bahan pelajaran, berat ringannya tugas, suasana
lingkungan eksternal.
2)
Faktor-faktor
metode belajar, misalnya kegiatan berlatih atau praktek; overlearning dan drill; resitasi belajar; pengenalan tentang hasil
belajar; belajar dengan keseluruh, dan sebagainya.
3)
Faktor-faktor
individual, misalnya kematangan; faktor usia kronologis, perbedaan jenis
kelamin; pengalaman sebelumnya; kapasitas mental; kondisi kesehatan jasmani dan
rohani; serta motivasi.
Kemudian hal yang serupa juga dikatakan oleh
Slameto (2003:54) yang
menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil
belajar dapat dibedakan
menjadi dua golongan yaitu: Faktor yang ada pada diri
siswa itu sendiri yang di
sebut faktor individu (Intern), Faktor yang ada pada luar individu yang disebut
dengan
faktor Ekstern. Kedua faktor tersebut
sangat penting dalam menentukan
hasil belajar siswa, apakah akan lebih
meningkat atau sebaliknya.
0 komentar:
Posting Komentar