Minggu, 04 November 2018

faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar

a.  Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar
Sebagaimana dikemukakan oleh Munadi, Yudhi (2010:24), Purwanto, Ngalim (1997:107), dan Nasution, Noehi (1996:4) bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu:
1)    Faktor Internal
a)  Fakor Fisiologis
Secara umum kondisi fisiologis, seperti kesehatan yang prima, tidak dalam keadaan lelah dan capek, tidak dalam keadaan cacat jasmani, dan sebagainya, semuanya akan membantu dalam proses dan hasil belajar. Di samping kondisi-kondisi fisiologis umum itu, hal yang penting juga memperhatikan kondisi panca indera.
b)  Faktor Psikologis
Faktor kedua dari faktor internal adalah faktor psikologis. Setiap manusia atau siswa pada dasarnya memiliki kondisi psikologis yang berbeda-beda, terutama dalam hal kadar bukan dalam hal jenis, tentunya perbedaan-perbedaan ini akan berpengaruh pada proses dan hasil belajarnya masing-masing. Yang termasuk kedalam faktor psikologis diantaranya meliputi intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif dan motivasi, kognitif dan daya nalar.

2)    Faktor Eksternal
a)  Faktor Internal
Kondisi lingkungan juga dapat mempengaruhi hasil belajar.Lingkungan ini dapat berupa lingkungan fisik atau alam dan dapat pula berupa lingkungan sosial.
b)  Faktor Instrumental
Faktor-faktor instrumental adalah faktor yang keberadaan dan penggunannya dirancang sesuai dengan hasil belajar yang diharapkan.Faktor-faktor instrumental ini dapat berupa kurikulum, sarana dan fasilitas, dan guru.
Lain halnya dengan Saminanto (2010:101) menyatakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar meliputi:
1)    Faktor-faktor stimulus belajar, misalnya panjangnya bahan pelajaran; kesulitan bahan pelajaran; berartinya bahan pelajaran, berat ringannya tugas, suasana lingkungan eksternal.
2)    Faktor-faktor metode belajar, misalnya kegiatan berlatih atau praktek; overlearning dan drill; resitasi belajar; pengenalan tentang hasil belajar; belajar dengan keseluruh, dan sebagainya.
3)      Faktor-faktor individual, misalnya kematangan; faktor usia kronologis, perbedaan jenis kelamin; pengalaman sebelumnya; kapasitas mental; kondisi kesehatan jasmani dan rohani; serta motivasi.
Kemudian hal yang serupa juga dikatakan oleh Slameto (2003:54) yang
menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar dapat dibedakan
menjadi dua golongan yaitu: Faktor yang ada pada diri siswa itu sendiri yang di
sebut faktor individu (Intern), Faktor yang ada pada luar individu yang disebut
dengan faktor Ekstern. Kedua faktor tersebut sangat penting dalam menentukan
hasil belajar siswa, apakah akan lebih meningkat atau sebaliknya.

0 komentar:

Posting Komentar